Tentang Sebuah Rencana, Komunitas #steempress

0
77
Spurce: https://wordpress.org/plugins/steempress/

Idul Fitri hari kedua, di sela-sela silaturahmi tak henti. Bertemu orangtua, kawan-kawan, kerabat dan tetangga dengan melupakan aktivitas kerjaan dalam suasana liburan beberapa hari lagi. Lalu aku menulis ini, tentang sebuah rencana membangun komunitas steempres untuk blogger sekaligus steemians. Steempres adalah plugin yang ditanam di WordPress.

Rencana ini adalah ide @acehpungo pemilik acehpungo.com yang disampaikan sepekan lebih lalu, beberapa hari setelah dia membantu aku aktif kembali di blog. Rencana ini juga disampaikannya kepada beberapa blogger, seperti @tinmiswary, @munaa, @bookrak, @wenaxan, @jeulamei dan lainnya. Baca [Wahai Blogger Indonesia! Sambutlah WordPress Steemit Community]

Bersama pemilik acehpungo.com (tengah) | Dok. Pribadi

@acehpungo punya pengalaman lebih dalam urusan #steempres. Dia telah lama mencobanya setelah @Howo dan @fredrikaa membangun plugin tersebut beberapa bulan lalu. Bahkan @acehpungo pernah didatangi @cheetah berkali-kali saat menjajaki sistem baru ini. Baca [Cheetah Datang, Hari Tersial dalam Hidup Saya – Cheetah Coming, Trance Day in My Life]

Hadirnya #steempress memberikan keuntungan bagi blogger. Mereka bakal mendapat manfaat ganda dengan bergabung di steemit, dapat berkarya di dua lini media ini karena WordPress hadir dengan program barunya yang mampu mengaitkan blog dengan steemit. Hanya saja, blog haruslah yang berbayar.

Aku mendukung rencana itu, “Ini saling menguatkan kita dalam berbagi konten bermutu, saling membantu untuk berkembang,” jelas @acehpungo. Ide juga telah disampaikannya dalam percakapan di discord.

Maka tadi, aku kembali menghubungi @acehpungo lewat smartphone, menanyakan rencana pertemuan perdana untuk  membahas pembentukan komunitas. Kami sepakat bersua setelah masa Idul Fitri berakhir, mengajak beberapa blogger bertemu muka dan berdiskusi di Banda Aceh.

Bersama beberapa steemian | Dok. Pribadi

Aku sudah menjajal steempress sekitar 10 hari, mengesankan. Setiap melahirkan karya, selalu dapat tayang bersamaan di blog dan steemit. Alhasil dapat aktif kembali di blog tanpa harus bersusah payah.  Lainnya, upvote selalu diberikan oleh @steempress-io dengan angka lumayan.

Founder sevenfingers, @arie-steem juga memberikan petunjuk setelah adanya steempress. Dia meminta kawan-kawan sevenfingers creator untuk menggunakan program tersebut, yang dinilainya memberikan banyak manfaat. Kebetulan, aku salah seorang creator di #sevenfingers.

Pada akhirnya, adalah harapan agar para blogger dan steemians di Indonesia dapat mendukung wacana ini. Membangun komunitas untuk saling mendukung, berbagi dan menjalin kebersamaan. []

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here