Pemilu Rumit tapi Asyik

0
136
Partai Politil peserta Pemilu 2019

Tahapan Pemilu 2019 Indonesia sedang berlangsung, saat ini masa kampanye yang membolehkan semua calon ‘merayu’ rakyat untuk memilihnya saat pemungutan suara digelar pada 17 April 2019 mendatang.

Berita hoax, ujaran kebencian sampai jual kecap masing-masing calon telah dimulai jauh hari sebelum masa kampanye dimulai, 23 September 2018. Simak saja media sosial bahkan media massa yang tak lagi berbatas. Semuanya bisa dan kapan saja menyebarkan kampanye; yang bersih dan yang penuh curang.

Pemilu kita rumit, serumit informasi tentang politik yang tak bisa dibedakan lagi benar atau tidak. Aku gambarkan sedikit kerumitannya yang hampir mirip Pemilu di India, negara lainnya jauh lebih sederhana. Baca pelan-pelan, karena saat menulisnya juga sangat rumit, bertele-tele dan kuabaikan dulu bahasa yang enak dibaca. Mari mulai.

Pemilu 2019 di Indonesia diikuti oleh 185.084.629 pemilih, jumlah perempuan 92.602.853 pemilih, sedikit lebih banyak dari pemilih laki-laki.

Pada hari H, mereka harus memilih di lima kertas suara, (1) memilih presiden, (2) memilih anggota DPR RI, (3) memilih anggota DPD alias senator, (4) memilih anggota DPRD Provinsi, dan (5) memilih anggota DPRD Kabupaten/kota.

Proses hitung suara Pemilu 2014 di Krueng Barona Jaya, Aceh Besar | Dok. Pribadi

Di seluruh Indonesia, kertas suara hanya sama untuk Presiden yang calonnya hanya dua; Joko Widodo-Ma’ruf Amin (nomor urut 1) dan Prabowo Subianto – Sandiaga Salahuddin Uno (nomor urut 2).

Selebihnya, KPU harus mencetaknya sesuai pesanan provinsi dan kabupaten/kota. Bayangkan, untuk DPR RI saja ada 80 daerah pemilihan (Dapil) yang akan memperebutkan 575 kursi yang tersedia di senayan. Jumlah calon anggota DPR RI untuk Pemilu 2019 adalah sebanyak 7.985 orang.

Lalu untuk DPRD Provinsi, ada 272 Dapil yang memperebutkan 2.207 kursi. Sedangkan di tingkat DPRD Kabupaten/Kota ada 2.206 Dapil dengan jumlah kursi tersedia 17.340.

Selain Aceh, ada 16 Partai Politik peserta Pemilu 2019 di Indonesia yang mengusulkan para calonnya untuk dipilih sebagai wakil rakyat di berbagai tingkatan. Untuk Aceh ada tambahan empat Partai Politik lokal yang berhak mengusulkan calon untuk tingkat DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/kota.

Di tingkat DPD atau senator, ada 136 kursi yang tersedia masing-masing empat kursi yang dijatahkan per provinsi. Jumlah calon anggota DPD yang berhak dipilih di seluruh Indonesia tercatat sebanyak 807 orang.

Pemilu dengan jumlah pemilih yang luar biasa dan ragam latar belakang, dipaksa memilih di antara ratusan orang wakilnya untuk duduk di berbagai tingkatan. Dan prosesnya hanya satu hari, sampai selesai perhitungan di tingkat paling rendah, Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Bendera partai di kantor KIP Aceh | Dok. Pribadi

Begitulah kerumitannya, tapi asyik kalau kita mampu menikmatinya. Mereka yang menjadi calon, akan menggantungkan harapan untuk menjadi anggota legislatif dengan gaji besar. Mereka yang bukan anggota dewan, akan mendukung saudaranya maupun kawan dengan harapan dapat memetik sedikit keuntungan jika jagoannya terpilih. Yang tak punya siapa-siapa, jangan pula berkecil hati karena pesta demokrasi seperti lebaran, dan nikmati saja prosesnya sampai anda tahu asyiknya. []

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here