Masjid Menawan di Tapak Tuan

0
14

Dengan latar bukit hijau dan langit biru, bangunan dominan kuning dan merah bata menarik perhatian siapa saja yang melintas di Jalan Jenderal Sudirman, Tapak Tuan, Aceh Selatan. Masjid Agung Istiqamah menjadi bangunan paling menawan di Kota Naga.

Usai makan siang, aku dan beberapa kawan sepakat untuk singgah sejenak di sana melaksanakan salat Dhuhur, Senin pekan lalu saat mengunjungi Tapak Tuan. Kupandangi lama masjid yang bergaya arsitektur timur tengah sambil memotret beberapa gambar sebagai kenangan.

Masjid Istiqamah awalnya dibangun tahun 1930 di atas tanah wakaf dengan swadaya warga. Aceh Selatan kala itu masih dalah kuasa kolonial Belanda. Usai kemerdekaan, masjid direhab hingga bentuknya seperti sekarang, segi empat dengan satu kubah, diapit empat menara. Satu menara setinggi 30 meter dibangun terpisah di bagian depannya.

Halaman masjid luas, beberapa kurma terlihat di sana bersama pohon palem berhias rumput di areal taman. Bersih dan terawat. Kendaraan tak boleh parkir di dalam perkarangan, sebuah areal disediakan di luar pagar depan.

Tapak Tuan adalah Ibu kota Kabupaten Aceh Selatan yang juga dikenal sebagai Kota Naga. Tentang muasal nama itu, telah banyak ditulis oleh blogger maupun penulis lainnya. []

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here