Lawan Hoaks untuk Pemilu 2019

0
15
Foto dari Yudi

Kota Banda Aceh menggelar Kampanye Damai dengan tema “Anti-SARA dan Anti-Hoax” di pelataran parkir stadion Lampineung, Banda Aceh. Sebelumnya untuk tingkat Provinsi Aceh dan Indonesia, kampanye serupa telah digelar pada 23 September 2018.

Anti-SARA dan anti-Hoax menjadi tema utama dalam kampanye Pemilu 2019 sesuai dengan amanah dari KPU RI. Menjauhkan berita hoax hampir mustahil dilakukan dalam tahapan kampanye yang berlangsung sejak 23 September sampai 13 April 2019 mendatang.

Hoax dipicu perkembangan teknologi informasi yang pesat belakangan ini yang membawa dua sisi pengaruh, postifif dan negatif dalam kehidupan sosial, politik dan demokrasi di indonesia. tak terkecuali dalam Pemilu 2019 yang tahapannya sedang berlangsung.

Positifnya, informasi yang baik dan membangun dapat disosialisasikan dengan mudah oleh penyelenggara Pemilu maupun masyarakat secara umum guna menyebarkan sampai ke seluruh pelosok, menebarkan persaudaraan sesuai semangat kampanye damai dilakukan di Indonesia dalam pesta demokrasi.

Sementara sisi negatif, berkembangnya teknologi juga menjadi momok tersendiri. Mereka yang menginginkan kekacauan dan memecah belah masyarakat menggunakannya untuk kepentingan sendiri dan kelompoknya, memprovokasi warga dengan menebar SARA dan hoaks. Karena itu pula KPU-RI mendengungkan anti-SARA dan anti-hoaks sebagai tema dalam deklarasi kampanye damai Pemilu 2019, mengajak semua peserta pemilu untuk tidak menebar berita bohong maupun ujaran kebencian melaksanakan tahapan kampanye.

[Pemilu 2019 digelar serentak seluruh Indonesia untuk memilih Presiden dan wakilnya, memilih anggota DPR RI, memilih anggota DPD alias senator, memilih anggota DPRD Provinsi, dan memilih anggota DPRD Kabupaten/kota. Pemilih yang tercatat di Indonesia adalah 185.084.629 orang.]

Capres urut 1 Joko Widodo dan nomor urut 2 Prabowo Subianto | Sumber

 

Deklarasi kampanye damai ini bukan semata inisiatif dari penyelenggara saja, akan tetapi sebagai hasil kesepakatan dan koordinasi dengan semua pihak, seluruh partai politik dan peserta Pemilu 2019 di Indonesia umumnya. Semangatnya jelas, untuk secara bersama mewujudkan pelaksanaan Pemilu yang damai, langsung, umum, bebas dan rahasia, jujur dan adil, sesuai azasnya.

Pemilu sejatinya adalah pesta demokrasi yang harus disambut dengan suka cita, saling mengisi dalam suasana persaudaraan. Pemilu bukanlah ajang saling membenci dikarenakan pilihan, jangan sampai perbedaan kemudian memecah belah kita semua apalagi sampai memutuskan tali silaturrahmi.

Kampanye damai disebut salah satu upaya pendidikan kepada warga agar merasa aman dan nyaman dalam menentukan pilihannya pada 17 April 2019. Agar bebas menentukan pilihan kepada siapa saja yang disukainya, tanpa paksaan apapun.

Tahapan kampanye menjadi penting untuk mengukur kualitas Pemilu. Sikap dan cara para peserta Pemilu dalam menarik simpati warga menjadi salah satu ukuran kualitas demokrasi. Kualitas kampanye damai juga ditandai dengan kemauan peserta Pemilu 2019 dalam memberi ruang bagi masyarakat untuk mendapat akses informasi tentang visi, misi dan program para peserta, sebagai alasan, kenapa anda harus dipilih? ini penting daripada menebarkan kebencian, SARA dan hoaks kepada masyarakat.

Maka cerdas lah dalam menilai sebuah informasi yang diterima, terutama terkait Pemilu, sebelum kemudian memutuskan untuk menyebarkan lagi kepada rekan maupun saudara yang lain. Ini adalah satu cara memutuskan mata rantai penyebaran informasi SARA dan hoaks. Kesuksesan Pemilu adalah tanggung jawab bersama. jadi lah pemilih cerdas untuk Pemilu 2019 berkualitas.

Deklarasi Kampanye Damai Banda Aceh | Foto: Humas Banda Aceh

Anti-hoaks juga diperintahkan Allah dalam firma-Nya dalam Alquran surat Alhujarat ayat 6, yang artinya; “Hai orang-orang yang beriman, jika datang kepadamu orang fasik membawa suatu berita, periksalah dengan teliti agar kamu tidak menimpakan suatu musibah kepada suatu kaum tanpa mengetahui keadaannya. Ini menyebabkan kamu menyesal atas perbuatanmu itu.” Maka jelas untuk kita semua, mari melawan hoaks. []

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here