Kopi Nira di Kedai Moorden

0
98

Tak kuasa menolak ajakan kawan untuk mencoba Kopi Nira, yang konon mampu membuang rasa penat, menghadirkan segar sepanjang malam. Pilihannya adalah Kedai Moorden di kawasan Beurawe, Banda Aceh.

Kopi Nira menjadi minuman special di sana. Di kertas menu yang disodorkan pramusaji saat aku bergabung bersama rekan-rekan di sana, kopi jenis ini ditulis dengan nama NIRAPRESSO. Ada embel-embel Special Moorden yang melekat padanya, berurutan dengan TELUR ‘WENG’ ARABIKA dan MOORDEN WINE.

Aku tertarik pada NIRAPRESSO atau Kopi Nira yang belum pernah kucoba, yang lain pernah kunikmati sebelumnya di beberapa warung. “Coba saja, nikmat,” kata Afif, rekan yang mengajak ku awalnya.

Photos: Adi Warsidi

Maka tanpa ragu, aku memesannya kepada pramusaji. Tak lama kemudian sampai di meja. Minuman dengan dua warna, putih di bawah sebagai Nira dan Kopi di bagian atasnya, dengan beberapa potongan kecil es batu. Mengaduk sejenak dan ku dekatkan pinggiran gelas ke bibir, perlahan memasuki mulut dan kerongkongan… “woooow… luar biasa,” kataku spontan.

Ini generasi baru racikan kopi yang dipadu dengan Nira, cairan yang didapat dari Pohon Nira yang jika difermentasi akan merubah kadar glokasa di dalamnya mengandung alkohol dalam jumlah kecil. Di Aceh dikenal dengan ‘Ie Jok’ yang bisa diubah menjadi tuak.

‘Ie Jok’ telah lama dikenal sebagai warisan minuman warisan para leluhur Aceh masa silam. Jika anda melewati kawasan Seulimum, Aceh Besar, banyak dijual di pinggir jalan.

Oleh para barista di kedai Moorden, minuman inilah yang dicampur dengan kopi arabika. Pembuatannya tak sulit, air nira disiapkan terlebih dahulu dengan sedikit es batu di dalam gelas. Selanjutnya kopi diracik dan dituangkan ke dalam gelas dan jadilah NIRAPRESSO.

Kopi Nira sepertinya belum lama di Kedai Moorden, karena saat mengunjungi tempat itu pada 10 April 2018 silam, bersama @bahagia-arbi, @ayijufridar, @hendrafauzi, @orcheva dan @kemal13 serta sejumlah steemians lainnya, menu itu belum ada di daftar.

Jika tertarik dengan minuman special Kopi Nira, silakan mengunjungi sendiri tempat itu. Tak susah mencarinya, hanya perlu mengingat nama lokasinya Beurawe, Banda Aceh. Minuman unik di warung yang bernama unik, ‘Moorden’ yang berarti Pembunuhan dalam bahasa Belanda.

Mungkin ini merujuk pada ‘Aceh Moorden’ yang menjadi gelar bagi pembunuhan ala Aceh, dilakukan warga terhadap penjajah dulunya. Sebuah pembunuhan dilakukan sendiri lewat penyerangan tiba-tiba dan paling ditakuti Belanda. Dengan gaya gila seperti itu pula, Aceh Pungo kemudian dikenal melekat pada orang-orang Aceh dulu. []

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here