Festival Panen Kopi Gayo Menunggu Anda, Catat Tanggalnya

0
64

Festival Panen Kopi Menunggu Anda di Bener MeriahAnda pecinta kopi? Ingin sensasi meminumnya di kebun yang terbentang pada alam sejuk dengan pemandangan latar Gunung Burni Telong. Maka siapkan diri untuk mengunjungi panen raya kopi di Kabupaten Bener Meriah. Wilayah dataran tinggi Gayo itu dikenal sebagai penghasil kopi bersama dua kabupaten tetangganya, Aceh Tengah dan Gayo Lues.

Berbarengan dengan panen raya kopi warga di Bener Meriah, pemerintah setempat bersama Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh akan menggelar Festival Panen Kopi 2018, sebagai yang perdana sepanjang masa. Bertema ‘Melestarikan Budaya, Mensejahterakan Masyarakat’, agenda berlangsung pada 19 November – 21 November 2018 dipusatkan pada Desa Rembele dan Seladang Café.

Festival Panen Kopi menjadi bagian rangkain acara Gayo Alas Mountain International (GAMI) Festival 2018, yang telah sukses dengan sejumlah agenda sebelumnya seperti tarian massal, lomba perahu, ekspedisi gunung Burni Telong, pacuan kuda, rafting serta sejumlah pameran budaya lainnya di tiga kabupaten.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh, Amiruddin mengatakan Festival Panen Kopi bertujuan mengenalkan kawasan Bener Meriah kepada wisatawan. Nantinya, pengunjung bukan hanya melihat kebun kopi, tapi dapat menyaksikan warga memanen kopi, pengolahan kopi, sampai penyeduhan dan meminumnya di tengah kebun. “Kegiatan melibatkan masyarakat, komunitas kopi dan Pemerintah,” katanya.

[Sumber]
Sejumlah agenda lain dikemas untuk menghibur wisatawan. Misalnya akan ada acara kopi dan fashion show yang berlansung di kebun kopi, seminar perempuan dan entrepreneur, pameran fotografi kopi dari masa lalu hingga saat ini serta sejumlah lomba dan pemeran lainnya. Semua yang berkaitan dengan kopi disajikan di sana.

Plt Bupati Bener Meriah, Sarkawi malah berharap Festival Panen Kopi sebagai menu wisata baru di Bener Meriah menjadi agenda tahunan. Kegiatan ini menjadi alternatif penghasilan baru bagi warga Gayo dan Bener Meriah khususnya.

Kopi telah menjadi budaya masyarakat Gayo. Kopi dan warga di sana tak terpisahkan, ini juga menjadi cerita menarik lainnya bagi awak media atau traveler jika ingin menulis tentangnya. Maka masukkan agenda Festival Panen Kopi 2018 dalam daftar kunjungan anda. Jika tak punya kesempatan saat ini, rencanakan tahun depan, semoga menjadi agenda tahunan sesuai harapan.  []

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here