Anti Hoax, Kampanye Pemilu 2019 Dimulai

0
17

Serentak seluruh Indonesia, kampanye Pemilu 2019 dimulai 23 September 2018. Di seluruh wilayah, deklarasi kampanye damai digaungkan demi sebuah demokrasi, jujur dan adil.

Di Aceh, Komisi Independen Pemilihan menyiapkan deklarasi jauh-jauh hari. Temanya dipilih khusus dengan embel-embel “Kampanye Anti-SARA dan Anti-hoax untuk Pemilih Berdaulat dan Negara Kuat”.

Deklarasi dipusatkan di Blang Padang, Banda Aceh, dengan ragam kegiatan. Dimulai dengan senam jantung sehat sampai pawai mobil hias keliling Kota Banda Aceh.

Pawai diperkirakan mulai pukul 10.00 WIB dengan rute dari Blang Padang, Simpang Surabaya, lalu ke Jembatan Pango, melintasi jalan Panglima Nyak Makam, Stadion Lampineng, masuk ke ruas jalan Tgk Daud Beureueh, lanjut ke Simpang Lima, dan kembali lagi ke Blang Padang. Lihat rute berikut ini:

Agenda bakal dimeriahkan dengan panggung hiburan, hadir group band yang sedang ngetop di Aceh, Apache13, Koda dan RialDoni. Anda warga Banda Aceh, silakan meramaikan suasana sambil ikut menyebarkan semangat kampanye Pemilu 2019 di Aceh.

Anti-SARA dan anti-hoax kurasa tepat menjadi tema khusus kampanye damai. Hampir saban gelar pesta demokrasi, hoax menyebar di media sosial bahkan menjebak sebagian media massa mainstrem. Tanpa mampu dibendung, selalu saja.

Kampanye damai anti-SARA dan anti-hoax setidaknya dapat menjadi pengingat bagi semua peserta Pemilu maupun warga khususnya di Aceh, bahwa demokrasi kita sejatinya anti-SARA dan anti-hoax.

Persiapan jelang deklarasi

HOAX
Berita hoax atau berita palsu, susah gampang menilainya, karena sebagian besar dicampur dalam fakta.

Cirinya mungkin, ada peristiwa yang dilebih-lebihkan pada bagian tertentu. Juga tulisan tak sesuai gambar maupun sebaliknya, judul tak sesuai isi.

Kerap mengangkat kembali berita lama, menyerang seseorang dengan masa lalunya, untuk menguatkan isu kekinian. Dan hati-hati kalau ada kata viralkan di bagian akhirnya. Begitulah, kadang kita terjebak dengannya tanpa sadar, lalu mempercayainya sebagai sebuah kebenaran. []

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here